Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Jumat, 10 Februari 2012

TIPS MENJADI GEMUK YANG SEHAT

Memiliki badan yang gemuk merupakan hal yang menakutkan bagi kebanyakan orang. Seseorang yang mempunyai badan gemuk sering merasakan hal - hal negatif dari lingkungan maupun dari dalam dirinya sendiri, misalnya merasa minder dan takut diejek oleh teman karena memiliki badan yang gemuk, atau merasa was – was karena memiliki badan yang gemuk berarti rawan dengan penyakit sehingga melakukan diet ketat sampai akhirnya jatuh sakit.
Sebenarnya memiliki badan yang gemuk tidaklah selalu berdampak negatif, karena sehat atau tidaknya seseorang bukan hanya dilihat berdasarkan postur badannya saja. Cukup banyak orang gemuk yang bisa memberikan hal – hal positif bagi lingkungan maupun dirinya sendiri, dengan cara menjalankan pola hidup yang sehat. Seperti yang kita semua tahu bahwa seseorang yang sehat bukan dilihat dari gemuk atau kurusnya badan orang itu tapi lebih kepada bagaimana pola hidup orang tersebut, mulai dari gaya hidup sampai dengan pola makannya.

Ada banyak cara untuk membuat badan menjadi gemuk tapi sayangnya tidak semua menggunakan cara yang sehat. Memiliki badan yang gemuk bukanlah suatu masalah selama kita menerapkan pola hidup yang sehat, seperti
  1. Makan memadai dan teratur. Makanan merupakan sumber asupan kalori. Seseorang berpeluang mencapai berat badan idealnya jika makanannya memadai dan sesuai dengan kebutuhan tubuhnya. Makanlah 3 kali sehari. Sarapan pagi penting agar tubuh tidak mengambil lemak cadangan tubuh di bawah kulit. Pilih menu yang cukup mengandung lemak. Kalau perlu boleh ditambah telur setiap pagi dan minum susu sedikitnya sebelum tidur malam.
  2. Pola makan yang memiliki gizi lengkap. Biasakanlah memakan makanan yang memiliki gizi yang lengkap dan cukup. Tubuh kita tidak bisa berpola makan seperti sapi yang menjadi gemuk hanya dengan makan dedaunan saja. Bagaimanapun tubuh kita tetap harus memiliki lemak dan kalori karena kalau tidak, tubuh kita tidak akan memiliki tenaga (lemas). Tapi jangan mengenyampingkan sayur dan buah – buahan sebab tubuh kita juga memerlukan serat untuk memudahkan sistem pencernaan kita mengolah makanan.
  3. Rutin berolahraga. Biasakanlah berolah raga. Jangan takut dengan anggapan bahwa berolah raga membuat kita menjadi kurus karena sebenarnya dengan berolah raga, kita akan meningkatkan nafsu makan. Ketika kita berolah raga, kita menjadi aktif dan menghabiskan begitu banyak energi yang membuat tubuh kita memerlukan asupan energi utama, yaitu makan. Selain itu dengan berolah raga kita bisa mengatasi lemak berlebih dalam tubuh kita, karena berolah raga membakar lemak dan menjadikannya otot dan energi.
  4. Mengkonsumsi susu berprotein tinggi. Ganti kebiasaan anda dari mengkonsumsi susu berlemak dengan susu yang memiliki kandungan suplemen protein tinggi. Gemuk yang baik adalah yang memiliki massa otot yang ideal, dan protein merupakan nutrisi yang sangat membantu pembentukan otot dalam tubuh kita. Dengan begitu kita akan memiliki tubuh gemuk yang kencang dan sehat.
  5. Hindari penyakit yang mengakibatkan kekurusan. Berusahalah menjaga kondisi tubuh agar jangan sampai terserang penyakit, terlebih penyakit – penyakit yang mengakibatkan tubuh menjadi kurus seperti, TBC, kelenjar gondok, kencing manis, anoreksia, gangguan pencernaan, dan kanker, karena hal ini dapat menyebabkan begitu banyak kalori yang terbuang dan berkurangnya nafsu makan.
  6. Bebaskan hidup dari stres. Dalam menjalani hidup, kita pasti mengalami stres fisik maupun psikis tapi bukan berarti hal ini tidak bisa dinetralisir. Kerja terlalu keras tanpa beristirahat dan membiarkan diri kita memikul tanggung jawab melebihi kapasitas diri akan menimbulkan stres yang berat. Ini menyebabkan gangguan keseimbangan tubuh secara faal sehingga asupan kalori dalam tubuh akan berkurang.
  7. Selesaikanlah masalah yang ada. Kebiasaan membiarkan masalah berlarut – larut dapat menggangu metabolisme tubuh. Saat kita berpikir terlalu keras, tingkat keasaman lambung meningkat yang mengakibatkan selera makan berkurang serta jam tidur yang juga demikian. Membiarkan masalah dalam pikiran kita tapi tidak segera menyelesaikannya akan mengakibatkan terganggunya beberapa sistem dalam tubuh kita dan gangguan tubuh lainnya yang akan mempercepat proses kekurusan tubuh kita.
Jika kita memahami dan menjalani pola hidup seperti ini, maka kegemukan tidak akan menjadi masalah atau hambatan bagi kita untuk menjalani rutinitas kita sehari – hari. Selama kita menerapkan pola hidup yang demikian, kita tidak perlu merasa takut untuk menjadi gemuk karena meskipun kita memiliki tubuh yang gemuk tapi kondisi tubuh kita secara fisik maupun psikis tetaplah sehat.

Selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar